NGUMBARA


   Pramuka.. mungkin tidak asing di telinga orang-orang. Kelihatannya sangat mengasyikkan, berpetualang, berorganisasi, belajar mandiri, menghargai sesama, cinta alam, bertaqwa, dll.

   Pada tanggal 30 April 2019, SMP IT AT-TADZKIR mengikuti salahsatu event pramuka, yaitu lomba Pramuka penggalang NGUMBARA tingkat kabupaten Majalengka yang diselenggarakan oleh MAS An-Nawawiyah.

   SMP IT AT-TADZKIR saat itu mengirimkan dua regu dengan 5 anggota per regunya, yaitu:
REGU 1: M.Rizki Mauluda, Irgi Ardiansyah, Juvella Pashamita L., Ai Silvi N., dan Sindy Indriany
REGU 2: Anwar H., M. Anwar R., Dadi M. R. Ainaya Afsah I., dan Khairunnisa (aku).

    Kami berlatih siang malam tiada letih dengan kakak-kakak DKP (Dewan Kerja Pesantren) At-Tadzkir. Sungguh Kakak DKP sangat berjasa pada SMP IT AT-TADZKIR.

    Siang dan malam silih bergantian, tibalah waktunya kami unjuk diri sebagai siswa-siswi yang berprestasi, walau hanya sekolah di sekolah baru yang bahkan belum beroperasi selama 1 tahun pun.

    Jam 07:00 kami berangkat ke lokasi, tepatnya di MA An-Nawawiyah di Desa Kawunggirang. Sesampainya di sana, kami merasa cukup kaget. Peserta dari sekolah lain mengenakan seragam dengan atribut lengkap. Mereka berjalan dengan gagah sebagai seorang Pramuka.

   Rata-rata dari mereka sudah kelas 9. Tentunya mereka punya pengalaman yang lebih daripada kami.

   Tapi walau kami yang terkecil, terlugu, dan tercupu daripada mereka, kami tetap semangat. Kami yakin, kalau usaha kami tidak akan sia-sia.
Apalagi kami diridhoi oleh guru-guru kami, terutama Syaikhuna Aa Haji.

   Setelah menunggu semua peserta datang, dimulai lah perlombaan.

   Setiap regu memiliki satu orang pendamping. Dari SMP IT AT-TADZKIR, regu 1 oleh kak Fajar Amali, dan regu 2 oleh kak Rizki Pratama.

   Untuk dapat melakukan pemberangkatan, peserta harus menyelesaikan puzzle yang diberikan panitia. Setiap regu bekerja sama agar bisa melakukan pemberangkatan. Akhirnya reguku menyelesaikannya dan mendapat pemberangkatan ke 2.

   Perjalanan yang kami telusuri memiliki jarak cukup jauh, meliputi kebun, sawah, sungai, dll. Setiap peserta harus bekerjasama melewati medan-medan tersebut.

   Tak terasa, regu kami sudah mencapai jalan raya. Kami langsung lari dengan semangat menuju gerbang MA An-Nawawiyah, batas finish dari perlombaan ini. Akhirnya kami sampai dan menjadi yang pertama sampai.

   Kami istirahat sambil menunggu peserta lain sampai. Ketika semua sudah sampai, kami berkumpul di lapangan. Kakak panitia membuka acara, disusul dengan penampilan-penampilan dari MA An-Nawawiyah.

   Kemudian panitia mengucapkan beberapa pesan dan mengajukan beberapa pertanyaan. Kami cukup aktif selama acara, beberapa di antara kami mendapatkan hadiah.

   Dan sampailah pada saat yang di tunggu-tunggu. Ya, pengumuman kejuaraan. Kami merasa berdebar, tapi kami tidak mengharapkan hadiah, apalagi setelah melihat siswa dari sekolah lain yang handal. Dimulailah pengumuman tersebut.

   JUARA1: SMP .... !!
   JUARA2: SMP ... !!
   JUARA 3: SMP IT AT-TADZKIR !!

   Semua peserta bersorak. Kami tidak menyangka, sekolah swasta baru yang belum lengkap fasilitasnya, bisa meraih prestasi di tahun pertamanya.

   Ini merupakan bukti bahwa setiap orang dapat meraih prestasi. Entah siapa pun dengan ikhitiar, berdo'a, dan tawakkal kepada Allah, maka insyaallah Allah akan mewujudkan apa yang dicita-citakannya.




   Namun semua yang kami raih mungkin tidak akan terjadi bila tanpa bimbingan para guru dan kakak DKP yang dengan ikhlas membimbing kami semua.

   Semoga yang aku sampaikan ini dapat bermanfaat bagi semuanya. AMIIN
..........

1 Comments

  1. Wah,, walau sekolah swasta baru, tapi semangatnya luar biasa!!
    Semangat terus belajarnya ya!!!

    ReplyDelete