Tips lulus ujian

  Mungkin sebagian besar dari kita ingin lulus ujian dengan nilai yang baik. Sehingga orang tua kita bangga. Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan saat akan ujian. Kali ini saya akan memberikan beberapa tips bagi kalian yang akan ujian.

1. Buatlah suasana yang nyaman
Kalian harus memilih tempat yang nyaman saat belajar. Jangan pilih tempat yang ramai. Usahakan tidak ada yang mengganggu. Kalian pun bisa mendengarkan lagu yang membuat kita merasa tenang.

 2. Jangan panik
Saat akan ujian mungkin ada beberapa dari kalian yang merasa tegang, panik, dan gelisah. Hal ini tentu bisa menggangu konsentrasi anda dalam belajar. Bersikaplah tenang, tapi tidak boleh menganggap remeh ujian itu. Kalian harus berusaha sebaik mungkin.

3. Merangkum atau menyimpulkan isi pokok pelajaran
Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang! Ambillah intisari atau pokok dari setiap pelajaran. Dengan cara ini kita dapat mengingatnya dengan mudah. Kita dapat membacanya berulang-ulang. Hal ini lebih baik daripada kita membaca 1 jilid buku sementara kita tidak ingat apa isi pelajaran itu.

4. Rajin membaca

Dengan membaca yang rajin, tentu kita dapat mengingat isi pelajaran. Tapi bila kita membacanya hanya bila akan ujian saja, tentu kita tidak ingat. Membaca lebih baik daripada menghapal saat waktu akan ujian. Bayangkan kita harus menghapal 1 jilid buku...

5. Membuat kata kunci atau singkatan-singkatan
Dengan membuat kata kunci atau singkatan kita dapat hanya mengingat 1 kata untuk mewakili beberapa kata. Misalnya: paru-paru, hati, kulit, dan ginjal bisa disingkat dengan "PAHAKU GATAL".

6. Menyimak saat guru menerangkan

Dengan menyimak kita bisa tidak belajar dengan keras. Karena pelajaran itu sudah ada di benak kita. Menyimak artinya mata melihat, telinga mendengar, semua anggota tubuh diam, dan otak mengingat.

7. Ada waktu untuk beristirahat
Selain belajar dengan keras, kita juga harus memperhatikan pola hidup dan istirahat bagi tubuh kita. Bila kita tidak istirahat, tubuh kita menjadi lelah dan daya tahan tubuh juga menurunkan sehingga kita bisa saja sakit.

8. Menguji kemampuan sendiri
Ketika sudah belajar, kita harus menguji kemampuan kita dalam menjawab soal-soal. Kita bisa menemukan soal-soal tersebut di buku modul atau LKS

9. Mempersiapkan mental
Saat kita ujian mungkin kita akan grogi, tidak pd, gugup, dan takut. Hal ini membuat persiapan kita akan sia-sia saja karena kita tidak akan berkonsentrasi saat kita gugup.

10. Berdo'a
Bila kita telah berusaha tetapi kita tidak berdoa usaha kita akan sia-sia saja. Dengan berdoa hati kita akan merasa tenang saat menjalani ujian. Perasaan yang tenang dap membuat kita menjadi konsentrasi.

2 Comments

  1. Terima kasih sudah menuliskan ini, sangat bermanfaat 👍🏼 setelah semua ikhtiar yang dilakukan, dan bertawakal dengan do'a, terutama do'a dari Ibu. Saya pernah mengalaminya jadi sebelum berangkat untuk mengerjakan soal ujian. Saya meminta do'a Ibu. Dan Alhamdulillah saat hasil ujiannya keluar mendapat nilai yang terbaik. Mungkin itu kebetulan, tapi saya percaya itu dari do'a Ibu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah membaca tulisan ini. Alhamdulilah jika berfaidah bagi anda. Kita hanya bisa berdo' dan menerima apa yang Allah putuskan. Semoga kita semua berkah segalanya semuanya selamanya.. Aamiin ...
      #sokbijak :v haha...

      Delete