Apakah kalian tahu bahwa tidur itu mempunyai ritme seperti halnya berjalan, bernafas, dan semua hal mempunyai ritme. Ritme dalam tidur disebut "Ultradian Sleep Cycle".

      Di bawah ini adalah gelombang otak kita yang diamati oleh peneliti saat kita tidur.


      Di atas terlihat ada pola ritme yang berulang. Ritme ini disebut ultradian sleep cycle. Dalam ritme itu terdapat tahapan yang terjadi. Tahapan ini dibagi menjadi tahapa 1, 2, 3, hingga tahap REM ( Rapid Eye Movement ). Apa maksudnya?


         Tahap 1 adalah tahap tidur ringan yang sering kita jumpai di kelas waktu siang bolong. Pada tahap ini mata kita bergerak perlahan dan aktivitas otot kita melambat.

         Lalu pada tahap 2 pergerakan mata kita berhenti, detak jantung melambat, dan suhu menurun karena kita siap untuk masuk ke tahap berikutnya.

         Kemudian pada tahap 3 kita sudah tidur lelap. Gelombang otak menurun dan tubuh kita sedang dalam keadaan relax.

          Kemudian tahap REM ( Rapid Eye Movement ) dalam tahap ini mata kita bergerak cepat, nafas kita jadi pendek, dan tekanan darah meningkat. Gelombang otak kita ini sama dengan gelombang otak kita saat bagun. Pada saat ini biasanya kita sedang bermimpi.

          Dari tahap 1 sampai REM  dijalani sekitar 30 menit setiap siklusnya. Namun akan semakin panjang bila semakin lama kita tidur.

1 Comments

  1. Tulisan seperti ini unik dan jarang saya temui. Menarik sekali.

    ReplyDelete